Wednesday, December 10, 2008

Tentang Ungaran



Selama magang aku tinggal di rumah saudara sepupu di Semarang. Seperti cerita yang lalu, Semarang ke Ungaran itu jauh. Sebenernya aku pingin kos, biar praktis, tapi setelah ditimbang, tinggal di Ungaran ternyata lebih banyak sisi praktisnya. Hehe. Ya, makan, baju, transport, keamanan, thanks buat Mas dan Mbak ku.

Ungaran kotanya gak besar, kalau aku amati malah banyak pabrik, kayak jadi kawasan industri gitu. Ada Kubota Indonesia, Jamu Jago, kalau ke arah selatan ada PT Nissin, Nyonya Meneer, PT Batam Textill, Coca Cola dan beberapa pabrik lain.

Udara Ungaran masih segar lo, suasananya juga masih kaya di desa, hehe. Agak malam sedikit dah sepi. Jalanan ramai karena jalur utama Ungaran kan memang buat lalu lintas antar kota, antar propinsi. Begitu mblusuk, ya sepi. Betul-betul kota kecil. Boro-boro mall, plaza yang ada aja malah buat bilyar. Kalau ada toko kebanyakan kayak WS di Kotagede, nah, betul situasinya kayak gitu.

Keinginan Mas Moko dan Mbak Endah buat tinggal di Ungaran udah lama. Ceritanya sih, udah cinta mati. Dari rumah mereka, gunung Ungaran bisa kelihatan jelas. Sejuknya, dibanding udara Semarang yang penuh polusi. Huh. Perumahan yang jadi tempat tinggal ini juga masuk tatanan modern kok, banyak rumah ‘gaya’ yang gak kalah sama di kota Semarang. Penduduk Ungaran juga gak sedikit yang kerja di Semarang dan nglaju pulang pergi.

Rumah mereka banyak pohon buah. Selama aku di sini, udah beberapa kali panen belimbing. Selain itu masih ada pohon jambu air sama pisang, yes, ini dia my favorit, hehe.

Kadang pulang dari Semarang tu, bisa keringetan dan gerah gitu, begitu sampai Ungaran langsung mak nyes, dingin. Ya, apa boleh buat, kalau lagi kurimen ya aku mandi pakai air hangat, hihi, ngeles.

Ungaran sering hujan. Misalnya dari Semarang kering kerontang, mulai daerah Pudak Payung dah mulai hujan, siap-siap mantol ma sandal jepit tiap hari deh, huhu, deritaku. Syukur aja, akhir-akhir ini udah gak sesering dulu hujannya, sepatuku bebas lembab donk, asik.

Aku cinta tahu bakso Ungaran. Tahu bakso yang di Jogja? Wah lewat! Di sini tahu baksonya super mak nyus, haha. Baksonya lumayan banyak, jadinya puas. Udah jadi ikon kok. Kalau Ungaran ya oleh-olehnya tahu bakso. Aku beberapa kali balak-balik Jogja-Ungaran bawa itu buat oleh-oleh. Gak sedikit teemn-temen di Jogja nodong tahu bakso tiap kali dari Ungaran. Yaelah.

Aku pernah jalan-jalan keliling perumahan di Ungaran. Makin ke dalam, arah barat makin terasa suasana desanya. Terutama tempat tinggal penduduk asli Ungaran memang masih sederhana, mengingatkan sama daerah Gunung Kidul. Masih ada yang pelihara sapi dan ngarit lo. Dari pemilik sapi itu, sepupuku sering beli susu buat aku minum, wow, fresh from the oven. Everyday. Kalau ada rumah bagus-bagus dengan macam gaya ya emang pendatang baru.

Ternyata tanah disana kayak tanah merah yang rawan gitu lo. Tanah yang begitu kena air langsung menggumpal, kalau pake sandal, jadi tebel banget. Heran, di daerah tebing gitu, ada yang bangun rumah sampai dua lantai, ckck, agak mengkhawatirkan. Katanya tanah kayak gitu emang bagus kalau ditanam, jadi subur, cuma kekurangannya ya rawan.

Aku kesal sama beberapa persimpangan Ungaran. Rawan crowded tapi tanpa traffic light. Ugh, njelehi! Ketar-ketir kalau lewat jalan itu lo. Jalurnya bis-bis AKAP, truk, sekaligus mikrolet.

Di jalur utama Ungaran ada juga yang pake traffic light. Agak percuma sih, karena jalur kendaraan yang berlawanan, tanda traffic light nya nyala bersamaan, kalau hijau ya kedua jalur hijau, kalau berhenti ya berhenti bareng. Kalau niatnya jalan lurus gak masalah, kalau belok? Wow, harus super sabar, jalan utama gitu sih mana mau truk container ngalah sama sepeda motor. Jarang, yang ada malah ngebut gila-gilaan. Heran kok tega bener di diemin. Emang kalau gak ada kecelakaan, gak bakal di perbaiki ya, wah knok knok. Jangan sampai.

DDLJ, tolong dong…

1 comment:

Anonymous said...

adekku juga tinggal di Ungaran lo..tapi masih lebih mblusuk lagi mba..karangjati..tapi emang sejuk banget disana..ya bisa dibilang ungaran itu bogornya semarang hehe

piye mba mece..rekues laguku kok blom dikirim?..huhuhuhu