Saturday, December 13, 2008

Alokiteswara, Vihara Memukau

Setiap mau ke kantor Suara Merdeka, pasti melewati bangunan vihara megah yang tampak menyolok. Wah, akhirnya aku bisa kunjungi juga. Selain sebagai tempah ibadah, ternyata Vihara Alokiteswara, Watu Gong, Budhagaya, juga biasa dikunjungi sebagai tempat wisata,

Di sebut Watu Gong, karena di sana memang ada batu yang bentuknya menyerupai gong. Masih ada sampai sekarang. Suasananya nyaman, tenang, baunya wangi, hm, khas tempat ibadah. Ada beberapa souvenir yang dijual pada pengunjung. Souvenir ini gak ada yang jaga lo, jadi disediakan tempat uang untuk orang yang tertarik membeli souvenir. Gak hanya souvenir, minuman ringan yang ditaruh di pendingin juga mendapat perlakuan yang sama. Hm, kejujuran di uji nih.

Pengunjung boleh bebas berfoto. Termasuk di depan patung Kwan Im tiga dimensi yang luar biasa besar, tapi pengunjung gak boleh duduk, atau naik berdiri ke tempat patung-patung tersebut. Desaign-nya mengaggumkan, warna merah mendominasi di vihara ini. selain bangunan Kwan im yang tinggi menjulang, ada gedung besar yang pernah dipakai buat upacara pernikahan. Di tempat yang luas itu, juga ada patung Budha dengan pose tidur menyamping, tangan di sangga di kepala (look familiar?).

Wah beruntungnya bisa mengambil banyak gambar di tempat ini. gak semua vihara memperbolehkan sembarang pengunjung datang. Apalagi foto-foto.

No comments: