Tuesday, December 16, 2008

Pesona Lawang Sewu dan Kota Lama


Hore, aku bisa datang juga ke Lawang Sewu ama Kota Lama. Udah lama ngebet ke sana, tapi ada aja alangannya. Hiks, hiks. Aneh dong, ke Semarang, tapi gak datang ke dua tempat itu, hihi.

Rute dimulai dari Lawang Sewu. Buat buktikan sendiri bangunan yang kabarnya pernah muncul penampakan di TV. Hiy. Untung aja datang waktu hari masih terang, kalau gelap mana tahan! Siang aja keadaannya udah horor, apalagi malam, hua.

Waktu itu aku jalan cuma berdua aja, tanpa guide. Kita juga putar-putar ga berani terlalu jauh, yang penting sotret menyotret. Solusi lainnya, kita buntuti pengujung lain, biar gak terlalu sepi, haha.

Mblusuk-mblusuk aja gak berani apalagi masuk bawah tanah yang konon pernah jadi penjara dan penyiksaan. Bawah tanahnya juga tergenang air dan gelap banget. Wa, tidak!

Bentuk bangunannya juga mendukung wisata horor, banyak lumut, minim cahaya, suram, kelihatan dari depan sih ramai pengunjung, serta masuk ke dalam, luas juga, ujung-ujungnya sepi.

Kabarnya, Lawang Sewu mau dibuat hotel. Aku sih mendukung, dari pada bangunannya terlantar dan gak ada perawatan sama sekali. Malah menggenaskan. Senasib kayak Taman Sari-nya Jogja. Hm, jangan salah, serem-serem gitu, ada yang pre-wedding di Lawang Sewu. Sebelum hari jadi gelap, wisata langsung pidah ke Kota Lama.

Asik, kawasan Kota Lama mah unik, jadi semangat foto-foto. Bentuk bangunannya memang amat jadul, beberapa tempat juga kelihatan sepi. Asal tahu tempat rawan dan sembunyiin kamera dari pandangan, it’s ok. Tempat semacam itu biasanya buat kumpu orang sabung ayam. Mereka curiga orang bawa kamera itu pasti wartawan yang mau liput kelompok mereka.

But, semangat sempat menciut waktu ketemu sama rob yang menggenang di beberapa ruas jalan Kota Lama. Sisa-sisa genangan bikin bau gak sedap, becek, dan ada bangkai hewan juga, jorok lah. jadi jangan heran kalau tiba-tiba lihat tikus bersliweran di sudut-sudut jalan. Yaiks.

Kalau mau tempat agak enak buat duduk, ya di sekitar gereja Blenduk. Waktu itu gereja dalam masa pemugaran, jadi belum bisa lihat bagian dalam.

Pintar-pintar cari jalan deh, buat menghindari rob. Kalau memang perlu, bawa makanan atau cemilan dari rumah, coz dalam radius dekat gak ada swalayan. Tempat ini pasaran banget buat pre wedding. ‘Sangat’ Semarang.

No comments: