Saturday, December 13, 2008

Bale Kambang, Wisata Gratis

Waktu dapat kesempatan libur beberapa hari, aku niatin buat naik kereta api. Ini bermula dari aku yang bersikeras mau nyoba kereta api Banyu Biru, jurusan Semarang – Sragen. Padahal kan, gampang aja, tinggal turun di Solo Balapan buat pulang ke Jogja, tapi tetep aja gak boleh.


Berhubung gak menginap, cari rute-rute yang deket aja, so, pilihan jatuh ke Solo. Jauh-jauh ke Solo, kan gak asik kalau gak jalan-jalan. berdasar refrensi dari koran yang kebetulan dibeli saat perjalanan, akhirnya diputuskan ke Bale Kambang aja. Secara mall-malll di Solo udah beberapa kali dikunjungi, makanya agak malas ke sana. Bale Kambang gak terlalu jauh dari stasiun. Kalau pake becak, kira-kira ‘makan’ waktu 15 menit.


Bale Kambang letaknya dekat stadion Manahan, jalan Jenderal Ahmad Yani. Bentuknya taman wisata di tengah kota. Bukanya jam 07.00-18.00, setiap hati. Masuknya gratis, tis. Suasana di dalam juga gak membosankan.


Dalam Bale Kambang ada beberapa tanaman langka, danau buatan dengan balai yang mengapung di tepinya, jadi seolah-olah mengambang, ada teaternya, bahkan ada dua rusa yang dibiarkan berkeliaran. Kalau mau kasih makan merpati di deket air mancur juga bisa. Asiknya lagi, tersedia banyak bangku di penjuru taman yang bisa buat leyeh-leyeh. Beberapa pasangan malah asik pacaran mesra lo, haha.


Taman ini dibangun seorang bangsawan sebagai wujud kasih sayang ke anak-anak perempuannya. So sweet kan? Patung kedua putri itu ada di tengah danau dan air mancur. Waktu aku ke sana juga masih ada pembangunan dalam taman, mungkin penambahan fasilitas.


Sayangnya, toilet yang berfungsi letaknya terpencil dan menyeramkan. Mungkin yang kebelet, malah gak jadi. Ada toilet-toilet baru, tapi belum berfungsi.


Menyenangkan kalau ada taman di kota, bisa jadi penyaring polusi kota, apalagi yang gratis buat pengunjung, seperti Bale Kambang.

No comments: