Friday, December 12, 2008

Asyiknya Ikut Liputan Fotografer Freelance

Selama magang, kadang-kadang aku ikutan liputan juga. Apalagi kalau di kantor memang gak ada kerjaan lagi. Namanya Juvee, anak magang seumur hidup di SM CyberNews. Ah, becanda aja. Dia dah sering aku sebut, karena berjasa jadi guide jalan-jalan selama aku di Semarang.


Kegiatannya sehari-hari, cari berita foto yang akan di tampilkan di halaman utama SM online. Keren kan. Beberapa kali dia berbaik hati mengajak aku buat ikutin kesibukannya. Di tiap momen itu aku juga gak lupa buat ikutan ambil foto-foto demi koleksi pribadi. Hehe.


Aku pernah di ajak ke malam keakraban Mas dan Mbak Duta Wisata semarang 2008. saat itu cuma press release aja, tapi aku sempat bertemu dengan beberapa orang yang kompeten di bidangnya, termasuk tahu dengan Mas Duta Wisata 2007, ehem.


Kadang-kadang ada momen yang terjadi tanpa direncana. Juvee tau info peristiwa penting juga secara mendadak, dan itu sering terjadi lo. jadi dijalan kebut-kebutan ya udah hal biasa.


Aku ikut waktu ada penggrebekan Satpol PP pada pedagang liar di daerah Pedurungan. Wah, para pencari berita emang gak segan-segan kalau berburu. Sekarang aku bisa saksikan sendiri. Kayaknya para petugas juga udah biasa tuh lihat wartawan nyotret-nyotret di TKP. Malah aku juga ditanya, “Mbak gak ikut masuk TV tuh?”. Nah!


Juvee bilang yang penting cepat-cepat dapat foto dulu. Soalnya kejadian kan gak mungkin diulang lagi. Masalah informasi selengkapnya, bisa ditanyakan kemudian, atau kalau punya relasi, Tanya aja ke temen-temen yang lebih tau. Hmm, dapet ilmu colongan lagi nih. Asik deh.


Paling seneng waktu ikut liputan peringatan Hari AIDS Sedunia, tanggal 1 Desember kemarin. Seharian kita putar-putar cari aksi-aksi seputar peringatan tersebut. Ah, ternyata gak sia-sia. Hubungan yang terjalin di antara sesama wartawan itu penting banget lo, walaupun mereka gak satu media. Kadang butuh perjuangan juga buat nunggu atau ngejar aksi yang sedang berlangsung. Aku sih ikut-ikuta aja, asik bisa jalan-jalan.


Selama ‘ngekor’ itu aku juga ambil banyak keuntungan yang gak sedikit. Selain bisa turun dan merasakan sendiri cari berita di lapangan, aku juga dikenalkan ke beberapa teman wartawan. Baiknya lagi, kadang di antara mereka gak pelit buat sharing dan ngasih tau pengalaman mereka ke kita-kita yang masih ‘ijo’ ini. Pengalaman yang menyenangkan.


Hmm, thanks Juvee..

No comments: