Thursday, November 27, 2008

Kawasan Candi, Semarang


Tiap pagi mau ke kantor SM CyberNews, aku lewat perumahan Candi. Daerah ini memang terkenal jadi kawasan elit di Semarang. Letaknya sekitar Jalan Sultan Agung (arah Kendal) sampai ke arah Jalan S. Parman.

Ungaran – Semarang jalannya jauh juga, lagian aku belum akrab-akrab banget sama kota ini, jadi kalau pakai motor aku pilih jalan pelan-pelan sajalah. Sambil lirak lirik pemandangan kanan kiri.

Kalau lewat daerah Candi jadi seneng, jalannya lebar, banyak pohon lagi, jadi seger lihatnya, habisnya kawasan yang lain gersang, apalagi pusat kota, fiuhh. Rumahnya besar-besar, megah, tapi gak ada yang mirip. Tiap rumah punya model masing-masing. Ada yang minimalis, sampai model eropa-an gitu.

Kabarnya, jaman dulu kawasan Candi jadi perumahan orang Belanda. Mereka memang berdagang dan bekerja di Semarang bagian bawah, tapi tempat tinggalnya tetap di kawasan yang terletak agak atas itu. makanya sampai sekarang masih ada banyak bangunan gaya Eropa yang pernah dihuni mereka. Malah, pernah kulihat rumah tua yang udah mirip bangunan Lawang Sewu, ho…

Pertama kali lewat situ, aku terbengong-bengong, padahal jelas bukan sekali itu juga aku lihat perumahan mewah. Di Jogja juga banyak lo, haha katrok. Keunggulan Candi dibanding kawasan Jogja, ya karena penataannya rapi, padahal di tengah kota lo. Nyaman jadinya.

Jadi ingat sama penataan kota Bandung. Mirip. Rumahnya besar-besar, halamannnya luas, tapi teduh. Kapan ke sana lagi? Asyiknya jalan-jalan.

No comments: