Friday, April 24, 2009

Under The Tree

Aku sempat excited waktu dengar Under The Tree di putar di 21 Yogya. Jarang, ada film gak berbau komersil yang tembus kesana. Makanya waktu jam datang aku masih dapet tiket, agak gak heran, gak banyak orang tertarik dengan film yang tampak luar aja udah ‘berat’. Aku dah bisa prediksi berdasar beberapa resensi di media. Keinginan nonton tamabh kuat. Soalnya film ini berjaya mendapat beberapa penghargaan.


Film ini bercerita tentang tiga wanita, (Marcela Zalianti) yang berkonflik dengan ibunya, (Nadia Saphira) anak pejabat kaya raya, dan wanita (lupa nama artisnya) yang dihadapkan dengan kelainan pada janinnya. Semuanya bersetting di Bali. Jadi sepanjang durasi film, akan disuguhkan banyak prosesi adapt Bali, kesehariannya, tingkah lakunya, bahasa Bali pun banyak diselipkan dalam percakapan, terutama oleh para penduduk Bali. Para figuran film termasuk para penari memang orang Bali tulen, penarinya saja legendaris. Begitulah info yang kudapat. Dilihat orang awam sih, acting Ayu Laksmi memang mengagumkan, gak salah kalau dia dapat penghargaan pemeran wanita terbaik di FFI.


Inti cerita yang bisa kutangkap sih seputar itu, masalahnya ada banyak lubang kosong (walah) buat memahami cerita secara keseluruhan. Banyak pertanyaan yang harus kutanya ke Mas garin, hoho.

Sejak film mulai diputar aku bengong, studio film garapan Garin Nugroho ini sepi banget! Dengan perhitungan kilat (belum tentu akurat, hehe) penonton yang hadir gak lebih dari 20 orang. Selama pemutaran beberapa ladies keluar masuk studio, gol-nya mereka hengkang beneran dari studio. Aksi ini diikuti serombongan muda-mudi lain. Gerah mungkin, coz filmya mikir. Haha. berasa nonton privat edition deh.


Atau memang ada penonton yang bisa memberikan pencerahan soal film ini?



No comments: