Monday, August 31, 2009

Ambarawa: Sisi Lain


Apa yang kamu pikirkan pertama kali selintas tentang Ambarawa? Museum kereta? Yup, kalau itu udah pasti. Pokoknya kalau ke sana, jangan sampai ketinggalan buat kunjungi museum kereta.


Ternyata gak cuma kereta dan palagan Ambarawa disana. Patut diingat: udaranya dingin dan anginnya kenceng pas malem. Brrr! Sialnya pas aku datang ke sana, selimutku yang setia menemaniku di tiap malam itu gak aku bawa.. Huhu, nasib. Kata orang asli sana itu pengaruh letak Ambarawa yang deket gunung. Hmm, pantesan.


Apa lagi yang bisa dikunjungi? Kalau mau wisata religi datang aja ke Gua Maria Kerep. Selain berdoa, kamu bisa dapetin view yang bagus buat foto-foto. Hehe. Ssst, tempat ini juga bagus buat wedding party loh. Berbagai sovenis bisa kamu beli buat oleh-oleh: rosario, salib… Bikin bingung mau pilih yang mana, abis semuanya bagus sih!


Selama di Ambarawa, aku sempat nyicipan soto. Letaknya dekat gedung pemuda. Komentar: encer. Begitu pula sama teh angetnya: bening. Ada nasi rames di daerah terminal. Murah kok. Ada angkringan yang bersahabat sama kondisi kantong kita (namanya juga angkringan, di Jogja juga gitu kok, hehe). Ada mireng, mie rebus, dan nasi goreng. Ada sate yang cuma buka pas malem aja. Highly recommended. Enak sih. Letak makanan-makanan ini gak jauh-jauh sama hotel Tentrem. Ada rumah makan padang juga sih, tapi letaknya deket pasar, dan harus naek angkot.


Soal hotel-hotel seputar Ambarawa, ehem, jangan membayangkan kelas hotel bintang tiga yah, pokoknya have fun ajalah. Huahaha. Kalau belanja di Swalayan Laris aja. Pokoknya komplit! Kalau di Jogja, Laris itu justru tempat warung makan yang terkenal sama pudingnya. Hihi. Gak bawa motor? Jangan kuatir deh. Transportasi di sana gampang kok. Kalo pake angkot Rp. 2000,- sekali jalan. Kalau sekalian mau ke Semarang, Rp. 5000, - sekali jalan.


Pokoknya silahkan coba! Asiiik.

No comments: